Search this blog

Selamat datang di "MAPAGI" (foody yummy healthy)

Tuesday 22 January 2013

10 TIPS KONSUMSI PANGAN YANG SEHAT

Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu anda dalam menikmati makanan dalam rangka menjaga kesehatan anda :
1. Konsumsi beranekaragam makanan bergizi
Anda membutuhkan lebih dari 40 macam zat gizi untuk kesehatan, dan tidak ada satupun pangan yang memenuhi seluruh kebutuhan tersebut. Makanan anda sehari-hari harus mencakup pangan sumber karbohidrat dan produk serealia lainnya, buha, sayuran, produk susu dan daging, ikan, unggas atau sumber protein lainnya.

2. Konsumsi biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran sebanyak-banyaknya
Survey menunjukkan bahwa banyak orang kurang mengkonsumsi pangan tersebut. Jika anda kurang menyukai pangan tersebut, cari cara lain agar anda dapat menyukainya seperti diolah sehingga dapat lebih enak sesuai selera anda.

3. Pertahankan berat badan ideal
Berat badan yang ideal tergantung pada banyak faktor seperti jenis kelamin, tinggi badan, umur dan keturunan. Berta badan yang berlebih meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, beberapa jenis kanker dan lain-lain. Sementara berat badan kurang dapat meningkatkan resiko osteoporosis, haid tidak teratur dan permasalahan kesehatan lainnya. Jika anda mengalami kenaikan atau penurunan berat badan sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengatur pola makan dalam menangani berta badan. Latihan fisik yang teratur juga dapat membantu mempertahankan berat badan ideal.

4. Konsumsilah makanan dalam jumlah secukupnya
Gunakan piramida makanan sebagia panduan atau biasa disebut Pedoman Umum Gizi seimbang (PUGS).

5. Makanlah dengan teratur
Makan yang tidak teratur dapat menimbulkan rasa lapar yang tidak terkontrol sehingga timbul keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlebihan. Jika anda sangat lapar, dan tergoda untuk melupakan pola makan yang baik, konsumsi cemilan diantara waktu makan dapat mengurangi rasa lapar, tapi jangan mengonsumsi terlalu banyak sampai cemilan dapat menggantikan makan anda.

6. Kurangi konsumsi pangan tertentu, tetapi jangan dihindari sama sekali
Sebagian besar orang pasti menginginkan makanan yang bergizi. Tapi jika makanan favorit anda merupakan makanan yang tinggi lemak, garam atau gula, kuncinya adalah mengurangi jumlah dan frekuensi konsumsi makanan favorit anda.

7. Jaga selalu keseimbangan pilihan pangan
Jika mengonsumsi makanan tinggi lemak, garam atau gula, konsumsilah pangan lain yang rendah lemak, garam atau gula. Jika anda tidak mengonsumsi suatu kelompok pangan dalam satu hari, maka makanlah pangan tersebut pada hari berikutnya. Pilihan pangan anda selama beberapa hari harus memenuhi pola makan yang sehat.

8. Ketahui kesalahan konsumsi pangan anda
Untuk memperbaiki pola makan anda, anda harus tahu kesalahan pada konsumsi pangan anda. Apakah anda telah mengonsumsi pangan tinggi lemak dalam jumlah banyak, apakah anda kurang mengonsumsi buah dan sayuran? Jika ya anda telah kekurangan beberapa zat gizi.  

9. lakukan perubahan secara bertahap
Perubahan pola makan secara drastis sebaiknya dihindari, lakukan perubahan secara bertahap. Misalnya jika anda kurang suka dengan susu skim, awali dengan mengonsumsi susu rendah lemak.

10. ingat tidak semua pangan itu baik atau buruk
Janganlah merasa bersalah jika anda menyukai apple pie, potato chips, candy bars atau es krim. Konsumsi pangan tersbeut secukupnya dan pangan lain yang dapat memberikan keseimbangan dan variasi jenis yang penting untuk kesehatan. 
 
sumber: Yusra Egayanti, Ssi, Apt/Direktorat Standardisasi Produk Pangan, Badan POM

No comments:

Post a Comment